Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : Dimas Sumunar

Selayang Pandang Informatika Keperawatan (Nursing Informatics)

Beberapa dari kita barangkali pernah mendengar tentang perawat informatika, atau keperawatan informatika namun belum mengenal secara tepat definisi bidang tersebut. Cukup sulit untuk meringkas keilmuan kompleks ini menjadi sebuah informasi yang sederhana. Penjelasan yang cukup singkat adalah, keperawatan informatika memadukan pengetahuan klinis dan praktis bidang kesehatan lalu menerjemahkan menjadi satu produk yang bermakna. Keilmuan ini mempromosikan inovasi yang bermanfaat serta informasi yang berpusat pada pengguna untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi pasien serta kenyamanan profesional kesehatan.

Definisi Informatika Keperawatan

Definisi oleh American Nurses Association (ANA) yang direkomendasikan oleh HIMSS adalah sebagai berikut:

“spesialisasi yang mengintegrasikan ilmu keperawatan dengan berbagai informasi dan ilmu analitik untuk mengidentifikasi, mendefinisikan, mengelola dan mengkomunikasikan data, informasi, pengetahuan dan kebijaksanaan dalam praktik keperawatan”

Kita perlu memahami peran integral dari bidang keahlian ini begitu bermakna dalam pelayanan kesehatan. Proporsi perawat dibandingkan tenaga kesehatan lain dalam berbagai jenjang layanan kesehatan tentu kedekatan dengan klien baik individu, keluarga maupun komunitas di era digitalisasi menuntut praktik keperawatan yang paripurna.

Peran dan Kualifikasi Informatika Keperawatan

- Berbagai keterampilan dan kualifikasi ditawarkan bagi perawat yang berminat dan berfokus pada spesialisasi nursing informatics. Secara umum, kualifikasi berikut ini diperlukan untuk menunjang karier di bidang keperawatan informatika:

- Pendidikan keperawatan (BSN)

- Pendidikan pascasarjana atau sertifikasi, terutama untuk peran eksekutif (kepala informatika keperawatan)

- Pengalaman dan / atau pemahaman yang kuat tentang bekerja dalam lingkungan klinis

- Keterampilan teknis yang kuat; kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan teknologi dan inovasi yang muncul

- Keterampilan manajemen pekerjaan yang kuat

- Ketertarikan untuk mendapatkan, menganalisis, dan menyusun strategi tentang data

- Memahami ekonomi medis

- Keterampilan interpersonal yang kuat

- Pengalaman kepemimpinan

Berikut ini beberapa peran yang lazim dijalankan oleh praktisi keperawatan informatika di dunia:

- Perawat Informatika

- Spesialis informatika keperawatan

- Klinisi Informatika keperawatan

- Perawat klinis Spesialis informatika

- Perawat informatika perioperatif

Bidang informatika keperawatan telah membantu mendorong penerapan teknologi perawatan kesehatan seperti rekam medis elektronik dan pengelolaan pasien berbasis komputer. Profesional informatika keperawatan bekerja dengan berbagai penentu kebijakan di seluruh tingkat perawatan pasien, yang pada akhirnya menjembatani kesenjangan antara perspektif klinis dan teknis. Prioritas pelayanan keperawatan pada bidang ini adalah mempertahankan fokus keselamatan pasien.

Berdasarkan survei oleh HIMSS, peran ini termasuk dalam 10 besar profesi keperawatan dengan bayaran tertinggi di A.S. Berikut adalah data-data terkait studi yang dilakukan oleh HIMSS Nursing Informatics Committee dalam HIMSS Nursing Informatics Workforce Survey:

- Rumah sakit merupakan tempat kerja paling umum untuk peran informatika keperawatan (42%).

- Sebagian besar responden melaporkan memiliki pendidikan di luar gelar sarjana (57% memiliki gelar master atau doktor).

- Implementasi sistem merupakan fokus penting untuk semua peran; 40% mendefinisikannya sebagai tanggung jawab tertinggi.

- Responden melaporkan mendapatkan penghasilan lebih dari 100.000 USD (1,4 Miliar Rupiah) per tahun (46%).

- Mayoritas responden puas atau sangat puas dengan peran perawat informatika (80%).

Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar profesional sangat bersemangat dalam bidang ini. Bagaimanapun, temuan ini menegaskan bahwa banyak perawat informatika yang berpenghasilan lebih tinggi daripada rata-rata profesional perawat, menikmati pekerjaan yang dilakukan dan banyak yang berencana untuk berkarier dalam bidang ini di masa depan (41% memiliki rencana untuk pendidikan lanjut).

Bacaan lebih lanjut:

Online Journal of Nursing Informatics (OJNI)

Didukung oleh HIMSS Foundation dan HIMSS Nursing Informatics Community, OJNI adalah publikasi peer-review gratis yang diterbitkan tiga kali setahun dan mendukung semua area fungsional di layanan keperawatan. Jurnal ini diluncurkan pada tahun 1996.

Alliance for Nursing Informatics (ANI)

ANI mewakili ribuan perawat dan menyatukan kelompok informatika keperawatan di tingkat lokal, regional, nasional dan internasional. ANI adalah kolaborasi organisasi yang mewakili informatika keperawatan dan memberikan sinergi serta struktur yang dibutuhkan untuk memajukan upaya profesional informatika keperawatan dalam meningkatkan pelayanan keperawatan pasien.